Fungsi rem yaitu untuk mengurangi atau menghentikan laju/kecepatan kendaraan. Itu kalo secara teori sedulur, tapi kalo kata ane fungsi rem justru sebaliknya yaitu untuk mempercepat laju/kecepatan motor-motor ato mobil ato juga sepada yang poro sedulur naikin. lho ko bisa mas??? sekarang coba aja sedulur bandingin naik motor yang ada rem nya sama yang ga ada rem nya kira-kira bisa lebih cepet yang mana, tentunya yang pake rem kan soalnya yang ga pake rem pasti takut nabrak jadi jalanya pelan-pelan. jadi bener kan jawawaban ane hahahaa.... Lanjut ke bahasan yang ane ingin bahas sedulur yaitu jenis-jenis rem tromol, tau kan rem tromol itu apa? yang belum tau nanti kita bahas lain kali saja ya oke okeee.
Ada beberapa jenis rem tromol pada kendaraan, diantaranya yaitu:
Tipe leading and trailing
Tipe two leading
Tipe Uni servo,dan
Tipe Duo servo
Untuk pengertianya akan dibahas sekilas saja kalo mau detailnya dibahas lain kali kalo ada waktu sedulur. berikut sekilas tentang penjelasan dari jenis-jenis rem tromol pada kendaraan.
1. Leading and trailing
Rem tromol tipe ini memiliki satu cylinder wheel dan satu anchor pin. Cylinder
wheel adalah tempat piston mendapatkan tekanan dari minyak rem untuk bergerak
ke luar dan mendorong kampas rem. Di mana dalam satu cylinder wheel terdapat
dua buah piston. Adapun cara kerja akan saya bahas secara khusus dalam
postingan berikutnya.
2. Two leading
Pada rem tromol tipe ini terdiri atas dua cylinder wheel dengan masing - masing
cylinder wheel memiliki satu piston. . Sementara pada satu sisi lainnya dari
cylinder wheel dilengkapi dengan penyetel. Cylinder wheel ini terpasang pada
backing plate.
3. Uni servo
Rem tromol tipe ini memiliki satu buah cylinder wheel dan satu buah penyetel
rem yang mengambang. Maksud dari mengambang adalah penyetel rem ini tidak
terpasang pada backing plate dengan baut atau pun secara permanen ke backing
plate. Sementara di dalam cylinder wheel hanya terdapat satu buah piston.
4. Duo servo
Rem tromol tipe ini memiliki satu buah cylinder wheel dan satu buah penyetel
rem yang mengambah juga. Perbedaan rem tipe ini dengan rem uni servo adalah
pada rem tipe ini memiliki dua buah piston di dalam cylinder wheel.
Demikianlah konstruksi dari 4 macam tipe rem tromol pada kendaraan
secara khususnya pada mobil. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda
dalam pengetahuan tentang rem tromol pada kendaraan. semoga bermanfaat sedulurr aminnnn.